Minggu, 09 Desember 2012

Session Layer

Session Layer

Lapisan Sesi adalah lapisan kelima yang bertanggung jawab untuk mengambil data dari lapisan Transport dan membangun koneksi dengan perangkat pengguna akhir. Hal ini juga bertanggung jawab untuk menjaga komunikasi dan kemudian mengakhiri komunikasi ketika data telah diangkut.Fungsi


Lapisan sesi menyediakan tiga fungsi dasar:


• Penciptaan koneksi• Pemeliharaan transfer data• Rilis sambungan


Membuat dan menghancurkan koneksi adalah konsep yang cukup jelas. Ketika aplikasi perlu membentuk koneksi dengan aplikasi lain, sesi protokol lapisan bertanggung jawab untuk menciptakan koneksi baru dan mengambil turun ketika interaksi selesai. Selama transfer data, protokol lapisan sesi dapat memonitor komunikasi dan memastikan transfer yang stabil. Jika sambungan terputus, restart sesi adalah pilihan.



Komunikasi Mode

Ketika protokol lapisan sesi menciptakan sesi antara dua aplikasi, dapat mendukung hingga tiga mode komunikasi.


- modus Simplex memungkinkan komunikasi hanya dalam satu arah. Selama seluruh sesi, satu sisi adalah penerima dan yang lainnya adalah pengirim.- Half-duplex memungkinkan masing-masing pihak untuk berkomunikasi, namun data hanya dapat dikirim oleh satu sisi pada suatu waktu. Sementara satu aplikasi pengiriman, yang lain menerima.- Full-duplex mode memungkinkan kedua belah pihak untuk mengirim dan menerima secara bersamaan.


Protokol


Beberapa protokol dan antarmuka yang terkandung dalam lapisan ini adalah:


-   NetBIOS (NetBIOS User Interface Extended) sesi antarmuka dan protokol yang dikembangkan oleh IBM-   PAP (Printer Access Protocol) yang terletak pada printer postscript untuk akses jaringan pada Bicara Apple-   NETBEUI adalah pengembangan oleh NetBIOS yang digunakan dalam produk Microsoft seperti Jaringan Windows NT, dan LAN.-   Network File System (NFS). Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan digunakan dengan TCP / IP, memungkinkan akses transparan ke workstation Unix ke sumber daya remote.-   Structured Query Language (SQL). Dikembangkan oleh IBM, menyediakan cara sederhana bagi pengguna untuk menentukan kebutuhan informasi mereka baik pada sistem lokal dan remote-   Remote Procedure Call (RPC) adalah alat client / server dan pengalihan yang luas bagi pengguna untuk lingkungan yang memiliki layanan yang berbeda. Prosedur ini dilakukan pada klien dan server.-   X Window. Banyak digunakan oleh terminal cerdas untuk berkomunikasi dengan (komputer UNIX) remote yang memungkinkan mereka untuk beroperasi sebagai monitor olah lokal terpasang.-   AppleTalk Session Protocol (ASP). mekanisme lain nya Client / Server, yang digunakan pada Bicara client server Apple.


Komponen Jaringan


Ada dua kategori komponen jaringan yang dapat beroperasi pada lapisan sesi.


-    Application gateway , juga dikenal sebagai proxy server, memberikan lapisan keamanan antara klien dan server. Klien membangun sesi dengan server proxy, dan server proxy membuat permintaan ke server aplikasi atas nama klien. Server proxy menciptakan dan mengelola dua sesi terpisah dan harus memastikan arus data antara sesi tepat.


Bekerja Pada Isu Kinerja Jaringan

Kemacetan yang disebabkan oleh sumber daya kelebihan beban secara teratur. Ketika lalu lintas berat yang melebihi kemampuan dari router ke router tiba-tiba, maka kemacetan mulai bentuk dan kinerja akan mulai terganggu. Kinerja akan menurun jika ada ketidakseimbangan dalam struktur sumber daya. Sebagai contoh, jika sebuah saluran komunikasi Gigabyte terhubung ke PC yang merupakan kinerja yang lebih rendah, dan kemudian CPU tidak akan dapat memproses paket yang datang sangat cepat karena beberapa paket akan hilang. Overloading adalah keadaan sinkron setelah pemadaman listrik, kinerja yang buruk dapat dikaitkan dengan kurangnya sistem tuning. Sangat penting untuk diingat ketika akan kinerja jaringan BANDWITH DELAY perkalian, diperoleh dengan mengalikan bandwidth (dalam bit / detik) round-trip time-delay, ini adalah kapasitas saluran penerima ke pengirim dan kembali ke penerima .


Pengukuran Kinerja Kerja

Lingkaran dasar yang digunakan untuk meningkatkan kinerja jaringan terdiri dari langkah-langkah berikut ini:• Ukur parameter jaringan yang relevan dengan kinerja• Mencoba untuk memahami apa yang terjadi• Mengubah parameter.


Langkah-langkah ini diulang berkali-kali sampai kinerjanya menjadi lebih baik dan lebih baik perbaikan dicapai, pengukuran dapat dilakukan dengan berbagai cara dan di berbagai lokasi.Jenis yang paling dasar pengukuran adalah untuk menghidupkan timer pada saat memulai suatu kegiatan dan melihat berapa lama kegiatan membutuhkan waktu.Baik desain dari sistem jaringan kinerja      


Aturan yang digunakan dalam desain sistem:• kecepatan CPU lebih penting daripada kecepatan jaringan• Mengurangi jumlah paket untuk mengurangi biaya overhead Software• Minimalkan Beralih Konteks• Mengurangi menyalin• Anda dapat membeli lebih banyak bandwidth, tapi tidak bisa membeli delay rendah• Menghindari kemacetan lebih baik daripada pulih dari kemacetan• Hindari Timeout (Timer harus digunakan dengan hati-hati dan batas waktu harus diminimalkan)
 



Sumber : 1. http://www.spamlaws.com/how-osi-models-work.html 
                2. http://slaptijack.com/networking/the-session-layer-osi-layer-5/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar