Senin, 28 Maret 2011

BLOG

      Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog
        
      Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.


Keuntungan dan kerugian Blog 
     
     - Keuntungan blog
       1. Kita dapat mencurahkan inspirasi tulisan kita lewat media blog
       2. Menjadikan kita lebih mahir dalam mengetik
       3. Dapat menjadi sarana bisnis dan penghasil uang lewat iklan-iklan yang 
           Terpasang
     
     - Kerugian blog
       1. Dapat menyebabkan ketagihan ngeblog
       2. Membuat mata kita perih dan cepat lelah karena menatap layar komputer
       3. Menyita banyak waktu kita

Cara Membuat Blog

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pada address browser anda ketik http://blogger.com
  2. Setelah itu akan tampil seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
  1. Klik CREATE YOUR BLOG NOW.
  2. Tunggu sampai muncul tampilan seperti berikut ini:
  1. Email address => di isi dengan alamat email kita (sebaiknya pake alamat email di gmail.com).
  2. Enter a Password => di isi password anda
  3. Retype Password => di isi dengan password yang sama dengan yang di atas.
  4. Display Name => di isi dengan nama kita (ini akan ditampilkan pada blog anda nantinya)
  5. Word Verification => isi persis sama dengan tulisan yang diatasnya, huruf besar ditulis dengan huruf besar gitu sebaliknya.
  6. Klik/centang pada “I Agree the Term Service”.
  7. Setelah itu tekan tombol Continue.
  8. Selanjutnya muncul tampilan seperti berikut ini:
  1. Blog Title => di isi dengan judul dari blog kita, posisinya ada pada header (bagian atas blog/pada bagian atas browser anda)
  2. Blog Address (URL) => untuk ini bisa anda buat sendiri, misalnya seperti punya saya http://lbsfighter.blogspot.com. Utuk URL saya cukup dimasukkan lbsfighter pada input text, tentunya untuk URL anda lain lagi.
  3. Word Verification => anda isi persis sama dengan kata yang ditampilkan dibawahnya, karena klo salah tidak akan bisa melanjut kelangkah berikutnya.
  4. Jika semua sudah benar anda akan melihat seperti pada tampilan berikut ini:
  1. Sekarang kita memilih template yang disediakan oleh Google, sebaiknya sebelumnya ada baiknya kita mem-Preview dulu sebelum melanjutkan kelangkah berikutnya.
  2. Jika sudah cocok dengan templatenya tinggal di klik Continue.
  1. Langkah selanjutnya anda tekan tombol Star Posting, untuk melakukan posting pada blog anda.
Sumber : http://lbsfighter.blogspot.com/2007/04/cara-membuat-blog-dengan-bloggercom.html

Etika Nge-blog
 
1. Tulislah fakta
Tulisan yang akan anda posting akan di baca oleh khalayak (orang banyak), oleh sebab itu, tulislah artikel yang berisi informasi yang benar dan akurat (Kecuali blog yang bersifat pribadi), jangan hanya menulis artikel yang disukai oleh SE (search Engine).

2. Hargai Sumber Tulisan
Jika anda menulis sebuah artikel, dan artikel tersebut berasal dari situs lain, berilah alamat sumber untuk menghargai si pembuat tulisan tersebut. Atau mungkin suatu ketika anda sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel, namun anda memutuskan untuk membaca tulisan dari blog lain dan anda tertarik untuk menulis ulang diblog anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber dari tulisan tersebut. Karena jika anda ingin di hargai orang lain, maka hargailah orang lain.

3. Koreksi Tulisan Anda
Rajin-rajinlah mengoreksi tulisan anda, baca ulang artikel anda sebelum mempublikasikannya ke publik. Dan jangan pernah malas untuk membaca kembali tulisan anda yang lampau untuk mengoreksi kesalahan ûkesalahan penulisan anda, bisa dari tanda baca, kosakata atau yang lainnya. Anda bisa belajar dari kesalahan anda di masa lampau.

4. Ketahui Batas Privasi
Jangan pernah mempublikasikan privasi diri sendiri dan orang lain, hargailah privasi diri sendiri dan juga milik orang lain.

5. Beri Informasi Identitas Diri Anda
Blog yang professional adalah blog yang tidak pernah takut untuk menunjukkan informasi tentang diri si penulis. Namun, jika anda takut jika blog anda di hack oleh orang lain, gunakan email lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Anda juga dapat memberikan akun jejaring social anda seperti facebook, twitter, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar