Minggu, 20 November 2011

Bab 9 Evaluasi keberhasilan berdasarkan koperasi dilihat dari sisi anggota

BAB 9  Evaluasi keberhasilan berdasarkan koperasi dilihat dari sisi anggota.

* Efek-Efek Ekonomis Koperasi

    - Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

    - Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah di serahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual /pembeli di luar koperasi.

      - Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :

1.Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
2. Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu
atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan di banding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain di luar koperasi.

* Efek harga dan Efek biaya

    -  Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi.Sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.

     - Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.

     - Bila dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.

* Analisis Hubungan Efek ekonomis Dengan keberhasilan ekonomi

     - Dalam badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota.

- Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang di dapat oleh anggota tersebut.

*Penyajian dan analisis neraca di lihat dari sisi sudut koperasi

   - Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangan-tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara kontinu di sesuaikan.

     - Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan
pelayanan kepada anggotanya.
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).

2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.

      - Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.


Latihan

1.      Ada berapa faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanannya pada anggota?
a.      2                    c. 5
b.      3                    d. 4
2.      Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu factor, yaitu factor.. ?
a.      Modal                                   c. partisipasi anggota
b.      Distribusi                              d. pasifasi anggota
3.      Efek ekonomis koperasi yaitu ?
a.      Kerugian yang di dapat anggota
b.      Manfaat yang di dapat oleh anggota
c.       Kemajuan koperasi
d.      Perkembangan koperasi
4.      Selain mengejar keuntungan / laba koperasi juga mengejar satu aspek yaitu.. ?
a.      Pelayanan  (benefit oriented)
b.      Kualitas
c.       Manfaat
d.      Ketenaran
5.      Evaluasi keberhasilan berdasarkan koperasi dilihat dari sisi anggota di bagi menjadi?
a.      3
b.      4
c.       5
d.      6

Jawaban

1.       A
2.      C
3.      B  
4.       A
5.       B

Sumber : Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar